Rabu, 16 Mac 2016

Pengalaman Tuan Guru, menyelesaikan konflik dunia dan kisah pahit manis membawa obor Islam di tanah air.



BILA AYAH CHIK MEMBACA?

1. Alhamdulillah, hari ini dapat berpeluang duduk bersama Tuan Guru Presiden lebih lama dari kebiasaan. Bila bersembang, panggilan ' Ayah Chik' lebih mesra dan lebih dekat. Butir bicara keluar penuh hikmah dengan senyuman yang memukau sangat mengasyikkan walaupun duduk berjam-jam lamanya. Rasa begitu kenyang mendengar ilmu dan pengalaman Tuan Guru, menyelesaikan konflik dunia dan kisah pahit manis membawa obor Islam di tanah air.

2. Pagi ini, Tuan Guru Presiden PAS menerima kunjungan Syeikh Mustafa Nazar Dimarji, Ketua Majlis Yayasan Waqaf Ummah, Masjid Al-Aqsa untuk berbincang bagi membantu rakyat Palestin yang menjadi murabitun. Mereka adalah pemuda Palestin yang menjaga Masjid Al-Aqsa 24 jam sehingga terpaksa meninggalkan pekerjaan mereka. Mereka sentiasa bersedia untuk melawan Israel walaupun hanya menggunakan batu dijalanan.

3. Tuan Guru begitu serius berbincang dan menghubungi beberapa individu penting dalam negara untuk diaturkan pertemuan supaya Syeikh Mustafa dapat bawa balik sesuatu untuk rakyat Palestin. Kos sara hidup yang tinggi ditambah lagi dengan tekanan yang diberikan oleh Israel amat memerlukan pertolongan dari saudara se-Islam di seluruh dunia. Israel berusaha untuk menghalau rakyat Palestin supaya meninggalkan Masjidil Aqsa, oleh sebab itu diwujudkan sekumpulan Murabitun untuk sentiasa menjaga dan melawan sebarang serangan yang dibuat oleh Israel.

4. Selepas selesai pertemuan, saya merapati Tuan Guru untuk berbual dan ini peluang untuk saya bertanya beberapa soalan yang sudah terbuku dalam hati; berkisar politik antarabangsa, politik tanah air dan tentang peribadi Tuan Guru sendiri. Seperti biasa Tuan Guru sangat mesra dan suka berkongsi ilmu dan bercerita dengan anak-anak muda. Lagi terharu hati saya, bila berjumpa dengan Tuan Guru pada hari Isnin atau Khamis, Tuan Guru selalu berpuasa sepertimana hari ini. Mungkin ini kekuatan Tok Guru untuk membawa Islam walaupun dihentam dan dihina segenap penjuru, kata hati saya.

5. Tuan Guru memulakan cerita tentang Ikhwanul Muslimin dan Mesir. Sewaktu Arab Spring berlaku, Tuan Guru menulis sepucuk surat kepada Mursyidul Am IM, Dr Muhammad Badi’ untuk menasihati IM supaya berhati-hati dan mengambil pengajaran apa yang berlaku di Algeria dan beberapa buah negara Islam. Gerakan Islam dipergunakan dan menjadi anak tangga musuh Islam untuk menang, selepas dipergunakan gerakan Islam pula dimusnahkan. 6. Semasa Arab Spring berlaku, IM merebut peluang untuk memimpin kebangkitan rakyat. Dengan kelebihan IM yang mempunyai ramai pemimpin, maka IM memimpin revolusi. Namun setelah polis tidak mampu mengawal keadaan dan kebangkitan rakyat, maka tentera merapati IM dan rakyat seolah-olah berpihak kepada IM, padahal tentera sudah berniat jahat dan berlakulah apa yang berlaku seperti sekarang. Siapa tidak kenal As-Sisi yang merupakan ketua inteligen.

7. Umur Tuan Guru dengan Dr Muhammad Badi’ tak jauh beza. Tuan Guru lebih awal menyertai IM dan mendapat tarbiah IM dahulu. Tuan Guru sempat berjumpa dengan 6 orang Mursyidul Am IM, Syeikh Umar Tilmisani, Syeikh Muhammad Hamid Abu Nasr, Syeikh Mustafa Masyhur, Syeikh Ma'mun al-Hudhaibi, Syeikh Muhammad Mahdi 'Akif dan Dr. Muhammad Badi'. Kalau nak mengaku PAS cawangan IM di Malaysia, Tuan Guru lebih layak berkata sedemikian. Tapi PAS dan IM ibarat adik-beradik dan PAS tak mengaku sebagai cawangan IM di Malaysia. PAS adalah PAS.

9. Tuan Guru melanjutkan bicaranya menceritakan tentang Palestin. Katanya, Palestin boleh menjadi lebih kuat untuk melawan Israel jika Arab Saudi, Iran dan Turki bersatu. Tapi Arab Saudi terikat dengan Amerika, Turki dengan Nato.

10. Dengan pelbagai isu antarabangsa dan negara diceritakan, sesetengah cerita tidak mampu saya kongsikan dalam tulisan ini. Saya selanjutnya menanyakan tentang pahit manis Tuan Guru dalam perjuangan. Tuan Guru cerita, bila ada masalah besar yang rasa berat, Alhamdulillah, Allah bagi rezeki dapat mimpi jumpa Nabi. Allah bagi ketenangan untuk menghadapi ujian dengan rezeki itu.

11. Tuan Guru lanjut menceritakan kisah beliau ditangkap bersama-sama Almarhum Ustaz Fadhil Nor dan Dato' Mustapha Ali di Terengganu, biasanya bila susah hati, susah nak tidur. macam-macam fikir malam tu, masuk ISA atau kena hukuman berat. Tapi Allah bagi ketenangan, malam tu boleh tidur dengan lena di Balai Polis. Dan Tuan Guru ceritakan lagi, Hakim yang membebaskan Tok Guru masa itu sudah masuk PAS dan dia jumpa Tuan Guru di Kelantan menceritakan bahawa dialah hakim yang membebaskan Tuan Guru puluhan tahun dahulu.

12. Di penghujung perbualan, saya tanya Tuan Guru, saya nak tahu apa rahsia beliau, " Orang kagum dengan ilmu Ayah Chik bila dengar Ayah Chik berceramah tapi orang pelik, Ayah Chik sibuk, sempat ke nak membaca. Jadi bila masanya Ayah Chik membaca?".

Tuan Guru jawab, " Sebab kita berjuang agama Allah, Allah tolong bagi kekuatan ingatan. Apa yang dibaca masa sekolah dulu, universiti, Allah bagi kekuatan ingatan. Masih ingat. Alhamdulillah. Kadang-kadang bila nak rujuk sesuatu masalah, Allah permudahkan jumpa dalam kitab. Allah mudahkan bagi ilham. Berkat kita berjuang agama Allah. Kita tengok orang yang masuk UMNO, Allah cabut sekali dengan ilmu. Bila kita ajak berdebat, mereka tak berani, mereka tahu diri mereka sebenar".

Inilah buah istiqamah, Allah kurniakan keizzahan dan pertolongan pada Tuan Guru dalam perjuangan, berkat menjadi orang dekat dengan Allah.

Abdul Malik Ab Razak
14 Mac 2016
Pejabat Agung PAS, Jalan Raja Laut.

Isnin, 14 Mac 2016

Erdogan mengkrik dengan keras kumpulan pengganas, Daesh, Boko Haram, PKK, & PYD



Presiden Recep Tayyip Erdogan telah berkata tidak ada tempat untuk organisasi pengganas Daesh, Boko Haram, PKK, PYD dan YPG pada tamadun kami.

Selain itu, beliau berkata mereka akan memerangi orang-orang yang cuba untuk menggambarkan Islam sebagai pengganas dan dunia Islam sebagai sumber keganasan, pembunuhan dan pergaduhan.

Tiada ada ruang dalam tamadun kami untuk Daesh, Boko Haram, PKK, PYD dan YPG

Presiden Erdogan berkata Turki akan terus berjuang kedua-dua keganasan dan pihak yang cuba untuk menggambarkan Islam sebagai pengganas

Mengenai krisis pelarian, Presiden Turki berkata Turki telah membuka pintunya kepada semua rakyat Syria yang ditindas dan Iraq tidak seperti beberapa negara di Barat.

"Tidak seperti di negara-negara Barat, pintu Turki adalah terbuka kepada rakyat Syria dan Iraq. Sekarang, Turki menjadi tuan rumah 3 juta pelarian. Turki akan menjadi hak menyokong, belas kasihan, kemurahan, kebaikan. Kerana iman kami, tamadun kmi, sejarah kami, budaya kami memerlukan ini,"

Turki kini menjadi tempat pelarian terbesar di dunia di tengah-tengah pergerakan global terbesar pelarian yang pernah dicatatkan.

#Pray_For_Turkey — dengan Hacci Salahaddin Açıkalın.

Ahad, 13 Mac 2016

Peduduk London mengadakan rapat umum mengutuk penyembelihan rakyat Syria oleh rejim Bashar



Umat islam di London bersama peduduk London yang lain mengadakan rapat umum mengutuk penyembelihan rakyat Syria oleh rejim Bashar dan menyokong perjuang rakyat Syria.

Apabila tamat bantuan Putin Rusia dan negara-negara Syiah rakyat Syria akan kembali berkuasa di Syria. Semoga hari tersebut datang sebelum Ramadan yang semakin hampir ini.

London....
England.

#BasharAlAssadCrimes
#Syria
#Care4Syria
#SyriaCare

Isnin, 7 Mac 2016

ZIARAH KUBUR: Antara Perintah dan Larangan


Penulis: Al Ustadz Abu ‘Abdillah Mustamin Musaruddin

Pertanyaan :

Pada bulan-bulan tertentu seperti pada bulan Rajab, Sya’ban dan Syawal sering terlihat orang-orang ramai melakukan ziarah kubur, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda dan sebagian mereka membawa air dan kembang untuk ditaburkan ke kuburan yang diziarahi. Fenomena ini mengundang pertanyaan dibenak saya di dalam beberapa hal yaitu sebagai berikut :

Apa hukumnya berziarah kubur ?
Apa ada waktu-waktu khusus dan hari-hari tertentu yang afdhal untuk berziarah ?
Apakah ziarah kubur itu mempunyai manfaat ?
Bagaimana sebenarnya tata cara berziarah kubur yang syar’i ?
Apakah ada hal-hal yang terlarang sehubungan dengan ziarah kubur tersebut ?

Jawaban :

1. Hukum Ziarah kubur
Berziarah kubur adalah sesuatu yang disyari’atkan di dalam agama berdasarkan (dengan dalil) hadits-hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam dan ijma’ (kesepakatan).

a) Dalil dari hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :
Dalil-dalil dari hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam tentang disyari’atkannya ziarah kubur diantaranya :

1. Hadits Buraidah bin Al-Hushoib radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam beliau bersabda :

إِنِّيْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا


”Sesungguhnya aku pernah melarang kalian untuk menziarahi kubur, maka (sekarang) ziarahilah kuburan”. Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Muslim (3/65 dan 6/82) dan oleh Imam Abu Daud (2/72 dan 131) dengan tambahan lafazh :

فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

“Sebab ziarah kubur itu akan mengingatkan pada hari akhirat”.
Dan dari jalan Abu Daud hadits ini juga diriwayatkan maknanya oleh Imam Al-Baihaqy (4/77), Imam An-Nasa`i (1/285 –286 dan 2/329-330), dan Imam Ahmad (5/350, 355-356 dan 361).

2. Hadits Abu Sa’id Al-Khudry radhiyallahu ‘anhu, yang semakna dengan hadits Buraidah. Dikeluarkan oleh Imam Ahmad 3/38,63 dan 66 dan Al-Hakim 1/374-375 dan Al-Baihaqy (4/77) dari jalan Al-Hakim.

3. Hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, yang juga semakna dengan hadits Buraidah dikeluarkan oleh Al-Hakim 1/376.

b). Ijma’:

Adapun Ijma’ diriwayatkan (dihikayatkan) oleh :

1. Al-‘Abdary sebagaimana disebutkan oleh Imam An-Nawawy dalam kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab (5/285).

2. Al-Imam Muwaffaquddin Abu Muhammad ‘Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudamah Al-Maqdasy Al-Hambaly (541-620 H) dalam kitab Al-Mughny (3/517).

3. Al-Hazimy sebagaimana disebutkan oleh Imam Asy-Syaukany dalam kitab Nailul Authar (4/119).
Batasan disyari’atkannya ziarah kubur.

Syariat yang telah disebutkan di atas tentang ziarah kubur adalah disunnahkan bagi laki-laki berdasarkan dalil-dalil dari hadits-hadits maupun hikayat ijma’ tersebut di atas. Adapun bagi wanita maka hukumnya adalah mubah (boleh), makruh bahkan sampai kepada haram bagi sebagian wanita.

Perbedaan hukum antara laki-laki dan wanita dalam masalah ziarah kubur ini disebabkan oleh adanya hadits yang menunjukkan larangan ziarah kubur bagi wanita :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ لَعَنَ زَائِرَاتِ الْقُبُوْرِ

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata : “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam melaknat wanita-wanita peziarah kubur””.

Hadits ini diriwayatkan Ibnu Hibban di dalam Shohihnya sebagaimana dalam Al-Ihsan no.3178.

Dan mempunyai syawahidnya (pendukung-pendukungnya) diriwayatkan oleh beberapa orang Shahabat diantaranya :

Ø Hadits Hassan bin Tsabit dikeluarkan oleh Ahmad 3/242, Ibnu Abi Syaibah 4/141, Ibnu Majah 1/478, Al-Hakim 1/374, Al-Baihaqy dan Al-Bushiry di dalam kitabnya Az-Zawa`id dan dia berkata isnadnya shohih dan rijalnya tsiqot.

Ø Hadits Ibnu ‘Abbas : Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Ashhabus Sunan Al-Arba’ah (Abu Daud, An-Nasa`i, At-Tirmidzy dan Ibnu Majah), Ibnu Hibban, Al-Hakim dan Al-Baihaqy.

Catatan :

Hadits dengan lafazh seperti di atas زَائِرَاتِ menunjukkan pengharaman ziarah kubur bagi wanita secara umum tanpa ada pengecualian.

Akan tetapi ada lafazh lain dari hadits ini, yaitu :

لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ زُوَّارَاتِ الْقُبُوْرِ. وَ فِيْ لَفْظٍ : لَعَنَ اللهُ


“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam )dalam lafazh yang lain Allah subhanahu wa ta’ala) melaknat wanita-wanita yang banyak berziarah kubur”.

Lafazh زُوَّارَاتِ (wanita yang banyak berziarah) menjadi dalil bagi sebagian ‘ulama untuk menunjukkan bahwa berziarah kubur bagi wanita tidaklah terlarang secara mutlak (haram) akan tetapi terlarang bagi wanita untuk sering melakukan ziarah kubur.

Sebagian dari perkataan para ‘ulama tentang ziarah kubur bagi wanita:

a) Yang mengatakan terlarangnya ziarah kubur bagi wanita.

– Berkata Imam An-Nawawy Asy-Syafi’iy : “Nash-nash Imam Asy-Syafi’iy dan Al-Ashhab (pengikut Madzhab Syafi’iyyah) telah sepakat bahwa ziarah kubur disunnahkan bagi laki-laki”. (Al-Majmu’ 5/285).

Perkataannya : “Disunnahkan bagi laki-laki” mempunyai pengertian bahwa bagi wanita tidak disunnahkan.

– Berkata Imam Al-Muwaffaq Ibnu Qudamah Al-Maqdasy Al-Hambaly : “Kami tidak mengetahui adanya perbedaan dikalangan Ahlul ‘Ilmi tentang bolehnya laki-laki berziarah kubur”. Lihat Al-Mughny 3/517.

Perkataannya : “Bolehnya laki-laki berziarah kubur” memiliki pengertian bahwa bagi wanita belum tentu boleh atau tidak boleh sama sekali.

– Berkata Al-Imam Muhammad bin Muhammad Al-Abdary Al-Malikiy, terkenal dengan nama kunyahnya “Ibnul Hajj” : “Dan seharusnya (selayaknya) baginya (laki-laki) untuk melarang wanita-wanita untuk keluar ke kuburan meskipun wanita-wanita tersebut memiliki mayat (karena si mayat adalah keluarga atau kerabatnya) sebab As-Sunnah telah menghukumi/menetapkan bahwa mereka (para wanita) tidak diperkenankan untuk keluar rumah”. Lihat : Madkhal As-Syar‘u Asy-syarif 1/250.

– Berkata : Abu An-Naja Musa bin Ahmad Al-Maqdasy Al-Hambaly (pengarang Zadul Mustaqni’) : “Disunnahkan ziarah kubur kecuali bagi wanita”. Lihat : Kitab Hasyiah Ar-Raudhul Murbi’ Syarah Zadul Mustaqni’ 3/144-145.

– Berkata Al-Imam Mar’iy bin Yusuf Al-Karmy : “Dan disunnahkan berziarah kubur bagi laki-laki dan dibenci (makruh) bagi wanita”. Lihat : Kitab Manar As-Sabil Fii Syarh Ad-Dalil 1/235).

– Berkata Syaikh Ibrahim Dhuwaiyyan : “Minimal hukumnya adalah makruh”.

– Berkata Syaikh Doktor Sholeh bin Fauzan Al-Fauzan : “Dan ziarah itu disyariatkan bagi laki-laki, adapun wanita diharamkan bagi mereka berziarah kubur”. Lihat : Al-Muntaqo Min Fatawa Syaikh Sholeh Al-Fauzan.

b. Yang menyatakan bolehnya ziarah kubur bagi wanita :

– Imam Al-Bukhary, dimana beliau meriwayatkan hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu : “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam melewati seorang wanita yang sedang berada di sebuah kuburan, sambil menangis. Maka Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam berkata padanya : “Bertaqwalah engkau kepada Allah dan bersabarlah”. Maka berkata wanita itu : “Menjauhlah dariku, engkau belum pernah tertimpa musibah seperti yang menimpaku”, dan wanita itu belum mengenal Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam, lalu disampaikan padanya bahwa dia itu adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam, ketika itu ditimpa perasaan seperti akan mati (karena merasa takut dan bersalah-ed.). Kemudian wanita itu mendatangi pintu (rumah) Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam dan dia tidak menemukan penjaga-penjaga pintu maka wanita itu berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku (pada waktu itu) belum mengenalmu, maka Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam berkata : “Sesungguhnya yang dinamakan sabar itu adalah ketika (bersabar) pada pukulan (benturan) pertama”.

Al-Bukhary memberi terjemah (judul bab) untuk hadits ini dengan judul “Bab tentang ziarah kubur” yang mana ini menunjukkan bahwa beliau tidak membedakan antara laki-laki dan wanita dalam berziarah kubur. Lihat : Shohih Al-Bukhary 3/110-116.

– Al-Imam Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany menerangkan hadits di atas dalam Fathul Bary katanya : “Dan letak pendalilan dari hadits ini adalah bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam tidak mengingkari duduknya (keberadaan) wanita tersebut di kuburan. Dan taqrir Nabi (pembolehan) adalah hujjah.

– Berkata Al-‘Ainy : “Dan pada hadits ini terdapat petunjuk tentang bolehnya berziarah kubur secara mutlak, baik peziarahnya laki-laki maupun wanita dan yang diziarahi (penghuni kubur) muslim atau kafir karena tidak adanya pembedaan padanya”. (Lihat : Umdatul Qory 3/76)

– Al-Imam Al-Qurthuby berkata : “Laknat yang disebutkan di dalam hadits adalah bagi wanita-wanita yang memperbanyak ziarah karena bentuk lafazhnya menunjukkan “mubalaghah” (berlebih-lebihan). Dan sebabnya mungkin karena hal itu akan membawa wanita kepada penyelewengan hak suami dan berhias diri dan akan munculnya teriakan, erangan, raungan dan semisalnya. Dan dikatakan jika semua hal tersebut aman (dari terjadinya) maka tidak ada yang bisa mencegah untuk memberikan izin kepada para wanita, sebab mengingat mati diperlukan oleh laki-laki maupun wanita”. (Lihat : Jami’ Ahkamul Qur`an).

– Berkata Al-Imam Asy-Syaukany : “Dan perkataan (pendapat) ini adalah yang pantas untuk pegangan dalam mengkompromikan antara hadits-hadits bab yang saling bertentangan pada lahirnya”. Lihat : Nailul Authar 4/121.

– Berkata Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany : “Dan wanita seperti laki-laki dalam hal disunnahkannya ziarah kubur”. Kemudian beliau rahimahullah menyebutkan empat alasan yang sangat kuat dalam menunjukkan hal tersebut di atas. Setelah itu beliau berkata : “Akan tetapi tidak dibolehkan bagi mereka (para wanita) untuk memperbanyak ziarah kubur dan bolak-balik ke kuburan sebab hal ini akan membawa mereka untuk melakukan penyelisihan terhadap syariat seperti meraung, memamerkan perhiasan/kecantikan, menjadikan kuburan sebagai tempat tamasya dan menghabiskan waktu dengan obrolan kosong (tidak berguna), sebagaimana terlihatnya hal tersebut dewasa ini pada sebagian negeri-negeri Islam, dan inilah maksud Insya Allah dari hadits masyhur :

لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ (وَفِيْ لَفْظٍ : لَعَنَ اللهُ) زَوَّارَاتِ الْقُبُوْرِ


“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam (dalam sebuah lafadz Allah melaknat) wanita-wanita yang banyak berziarah kubur”.(Sunan Al-Baihaqy 4/6996, Sunan Ibnu Majah no.1574, Musnad Ahmad 2/8430, 8655).

Lihat : Kitab Ahkamul Janaiz karya Syaikh Al-Albany 229-237.
Kesimpulan penulis :

Wanita tidak dianjurkan untuk berziarah kubur, karena ditakutkan akan terjadi padanya hal-hal yang bertentangan dengan syari’at disebabkan karena kelemahan hati wanita dan karena perbuatannya, seperti akan terjadinya teriakan atau raungan ketika menangis/sedih, tabarruj (berhias), ikhtilath (bercampur baur dengan laki-laki) dan hal-hal lain yang sejenis. Itulah sebabnya Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam melaknat wanita-wanita yang sering melakukan ziarah kubur karena banyaknya (seringnya) berziarah kubur tersebut akan mengantarkannya kepada penyelisihan/penyelewengan terhadap syari’at. Akan tetapi jika seorang wanita kebetulan melewati kuburan atau berada di kuburan karena kebetulan (tanpa sengaja) seperti yang terjadi pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika mengikuti Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam ke pekuburan Baqi’, maka pada waktu itu keadannya seperti laki-laki dalam hal bolehnya wanita tersebut berziarah, dengan memberi salam dan mendo’akan para penghuni kubur.

Berkata Syaikh Ibrahim Duwaiyyan : “Jika seorang wanita yang sedang berjalan melewati suatu kuburan di jalannya dia memberi salam dan mendo’akan penghuni kubur (mayat) maka hal ini baik (tidak mengapa) sebab wanita tersebut tidak sengaja keluar untuk ke pekuburan”. Lihat : Manar As-Sabil Fi Syarh Ad-Dalil. Wallahu A’lam Bis Showab.

Hikmah dilarangnya para wanita memperbanyak (sering) berziarah

Diantara hikmah tersebut :

1. Karena ziarah dapat membawa kepada penyelewengan hak-hak suami akan keluarnya para wanita dengan berhias lalu dilihat orang lain dan tak jarang ziarah tersebut disertai dengan raungan ketika menangis. Hal ini disebutkan oleh Imam Asy-Syaukany dalam Nailul Authar 4/121.

2. Karena para wanita memiliki kelemahan/kelembekan dan tidak memiliki kesabaran maka ditakutkan ziarah mereka akan mengantarkan kepada perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang akan mengeluarkan mereka dari keadaan sabar yang wajib. Hal ini disebutkan oleh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman Al-Bassam dalam kitab Taudhihul Ahkam 2/563-564.

3. Sebab wanita sedikit kesabarannya, maka tidaklah dia aman dari gejolak kesedihannya ketika melihat kuburan orang-orang yang dicintainya, dan ini akan membawa dia pada perbuatan-perbuatan yang tidak halal baginya, berbeda dengan laki-laki. Disebutkan oleh Syaikh Ibrahim Duwaiyyan menukil dari kitab Al-Kafi. Lihat : Manar As-Sabil Fii Syarh Ad-Dalil 1/236.

4. Berkata Imam Ibnul Hajj rahimahullah setelah menyebutkan 3 pendapat ulama tentang boleh tidaknya berziarah kubur bagi wanita : “Dan ketahuilah bahwa perselisihan pendapat para ‘ulama yang telah disebutkan adalah dengan kondisi wanita pada waktu itu (zamannya para ‘ulama salaf sebelum Ibnul Hajj yang wafat pada thn 732 H), maka mereka sebagaimana diketahui dari kebiasaan mereka yang mengikuti sunnah, sebagaimana telah lalu (tentang hal itu). Adapun keluarnya mereka (para wanita untuk berziarah) pada zaman ini (zaman Ibnul Hajj), maka kami berlindung kepada Allah dari kemungkinan adanya seorang dari ‘ulama atau dari kalangan orang-orang yang memiliki muru`ah (kehormatan dan harga diri) atau cemburu (kepedulian) terhadap agamanya yang akan membolehkan hal ini. Jika terjadi keadaan darurat (yang mendesak) baginya untuk keluar maka hendaknya berdasarkan hal-hal yang telah diketahui dalam syari’at berupa menutup aurat sebagaimana yang telah lalu (pembahasannya) bukan sebagaimana adat mereka yang tercela pada masa ini. Lihatlah mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta’ala merahmati kami dan merahmatimu. Lihatlah mafsadah (kerusakan) ini yang telah dilemparkan oleh syaithan kepada sebagian mereka (para wanita) didalam membangun (menyusun) tingkatan-tingkatan kerusakan ini di kuburan (Madkhal Asy-Syar’u Asy-Syarif 1/251).

ADAKAH WAKTU-WAKTU TERTENTU (KHUSUS) UNTUK BERZIARAH ?

Ziarah Kubur dapat dilakukan kapan saja, tidak ada waktu yang khusus dan tidak boleh (tidak layak) dikhususkan untuk itu, baik pada bulan sya’ban, syawal maupun waktu-waktu yang lainnya. Hal ini karena tidak adanya dalil yang menunjukkan tentang adanya waktu khusus atau afdhal (paling baik) untuk berziarah kubur.

Ketika Syaikh Doktor Sholeh bin Fauzan Al-Fauzan ditanya tentang waktu/hari yang afdhal untuk berziarah, beliau berkata : “Tidak ada waktu khusus dan tidak ada waktu tertentu untuk berziarah kubur”. Lihat Al-Muntaqa min Fatawa Syaikh Sholih Al-Fauzan : 2/166.

FAIDAH ZIARAH KUBUR

a. Bagi yang berziarah

Faidah yang bisa dipetik dan hasil yang akan didapatkan oleh orang yang berziarah kubur, antara lain :

1. Memberikan nasehat bagi dirinya.

2. Mengingatkannya kepada kematian, balasan dan hari kiamat.

3. Menambahkan kebaikan baginya.

4. Mengambil pelajaran.

5. Melunakkan (melembutkan) hati.

6. Menjadikannya zuhud terhadap dunia dan tamak terhadap kebaikan hari akhirat.

Semua hal tersebut di atas ditunjukkan oleh hadits-hadits Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :

إِنِّيْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ الْآخِرَةَ وَلْتَزِدْكُمْ زِيَارَتُهَاخَيْرًا


“Sesungguhnya aku pernah melarang kalian dari berziarah kubur maka (sekarang) ziarahilah kubur sebab ziarah itu akan mengingatkan kalian terhadap hari akhirat dan akan menambah kebaikan pada diri kalian”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari hadits Buraidah bin Al-Hushoib (5/350, 355, 356 dan 361).

Dalam riwayat yang lain dari Abu Sa’id Al-Khudry radhiyallahu ‘anhu :

فَإِنَّ فِيْهَا عِبْرَةً

“Sesungguhnya pada ziarah itu terdapat pelajaran”.

Diriwayatkan oleh : Ahmad (3/38, 63, 66), Al-Hakim (1/374-375) dan Al-Baihaqy (4/77) dari jalan Al-Hakim.

Dalam riwayat yang lain dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu :

فَإِنَّهَا يُرِقُّ الْقَلْبَ وَتَدْمَعُ الْعَيْنُ وَتُذِكَّرُ الْآخِرَةَ

“Sesungguhnya ziarah itu akan melunakkan hati, mengundang air mata dan mengingatkan pada hari kiamat”. Diriwayatkan oleh Al-Hakim (1/376).

b) Bagi Penghuni Kubur

Penghuni kubur akan mendapatkan manfaat dari ziarah kubur dengan adanya salam yang ditujukan padanya yang isinya adalah permohonan keselamatan baginya, permohonan ampunan dan rahmat baginya. Semua hal ini hanya bisa didapatkan oleh seorang muslim. (Disebutkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Ahkamul Janaiz : 239).

Berkata Ibnul Qoyyim rahimahullahu ta’ala :

“Pasal : Tentang Petunjuk Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam dalam ziarah kubur : Adalah beliau shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam jika menziarahi kubur para shahabatnya beliau menziarahinya untuk mendo’akan mereka dan memintakan rahmat dan pengampunan bagi mereka. Inilah bentuk ziarah yang disunnahkan bagi ummatnya dan beliau syari’atkan untuk mereka dan memerintahkan mereka jika menziarahi kuburan untuk mengatakan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ لَلاَحِقُوْنَ نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ


Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dan kaum mu’minin dan muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian, kami memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan bagi kalian”. (Disebutkan dalam Kitab Zadul Ma’ad karya Ibnul Qoyyim).

APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN OLEH PEZIARAH KUBUR/(TATA CARA) ZIARAH

Yang dilakukan oleh seorang peziarah adalah :

1. Memberi salam kepada penghuni kubur (muslimin) dan mendo’akan kebaikan bagi mereka. Diantara do’a yang diajarkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam kepada ummatnya yang berziarah kubur :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ لَلاَحِقُوْنَ نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ


Artinya : “Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dan kaum mu’minin dan muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian kami memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan bagi kalian”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim 975, An-Nasa`i 4/94, Ahmad 5/353, 359, 360.

اَلسَّلاَمُ عَلَى أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنِ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلاَحِقُوْنَ


“Keselamatan atas penghuni kubur dari kaum mu’minin dan muslimin mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang terdahulu dari kita dan orang-orang belakangan dan kami Insya Allah akan menyusul kalian”.

2. Tidak berjalan di atas kuburan dengan mengenakan sandal. Hal ini berdasarkan hadits Basyir bin Khashoshiah :

بَيْنَمَا هُوَ يَمْشِيْ إِذْ حَانَتْ مِنْهُ نَظَرَةٌ فَإِذَا رَجُلٌ يَمْشِيْ بَيْنَ الْقُبُوْرِ عَلَيْهِ نَعْلاَنِ فَقَالَ يَا صَاحِبَ السِّبْتِيَّتَيْنِ وَيْحَكَ أَلْقِ سِبْتِيَّتَيْكَ فَنَظَرَ فَلَمَّا عَرَفَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ خَلَعَ نَعْلَيْهِ فَرَمَى بِهِمَا


“Ketika Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam sedang berjalan, tiba-tiba beliau memandang seorang laki-laki yang berjalan diantara kubur dengan mengenakan sandal, maka Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda : “Wahai pemilik (yang memakai) sandal celakalah engkau lepaskanlah sandalmu”. Maka orang itu memandang tatkala ia mengetahui Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam ia melepaskan kedua sandalnya dan melemparkannya. Diriwayatkan oleh Abu Daud 2/72, An-Nasa`i 1/288, Ibnu Majah 1/474, Al-Hakim 1/373 dan dia berkata : “Sanadnya shohih”, dan disepakati oleh Adz-Dzahaby dan dikuatkan (diakui) oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar (Fathul Bary 3/160).

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar : “Hadits ini menunjukkan makruhnya berjalan diantara kuburan dengan sandal” (Fathul Bary 3/160). Berkata Syaikh Al-Albany : “Hadits ini menunjukkan makruhnya berjalan di atas kuburan dengan memakai sandal. Lihat Ahkamul Janaiz 252).

3. Tidak duduk atau bersandar pada kuburan.

Hal ini berdasarkan hadits Abu Marbad radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :

لاَ تَجْلِسُوْا عَلَى الْقُبُوْرِ وَلاَ تُصَلُّوا إِلَيْهَا


“Janganlah kalian duduk di atas kuburan dan jangan melakukan shalat padanya”. Dikeluarkan oleh Imam Muslim 2/228.
Dan hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :

لَأَنْ يَجْلِسَ أَحُدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ


“Seandainya salah seorang dari kalian duduk di atas bara api hingga (bara api itu) membakar pakaiannya sampai mengenai kulitnya itu adalah lebih baik daripada dia duduk di atas kuburan”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim.

4. Dibolehkan bagi peziarah untuk mengangkat tangannya ketika berdo’a untuk penghuni kubur, berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha : “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam keluar pada suatu malam, maka aku (‘Aisyah) mengutus Barirah untuk membuntuti kemana saja beliau (Rasulullah) pergi, maka Rasulullah mengambil jalan ke arah Baqi’ Al-Garqad kemudian beliau berdiri pada sisi yang terdekat dari Baqi’ lalu beliau mengangkat tangannya, setelah itu beliau pulang, maka kembalilah Barirah kepadaku dan mengabariku (apa yang dilihatnya). Maka pada pagi hari aku bertanya dan berkata :

Wahai Rasulullah keluar kemana engkau semalam ? Beliau berkata : “Aku diutus kepada penghuni Baqi’ untuk mendo’akan mereka. Dikeluarkan oleh Imam Ahmad (6/92) dan sebelumnya oleh Imam Malik pada kitabnya (Al-Muwatho` (1/239-240)).

5. Berkata ‘Abdullah Al-Bassam : “Tidaklah pantas bagi seseorang yang berada dipekuburan, baik dia bermaksud berziarah atau hanya secara kebetulan untuk berada dalam keadaan bergembira dan senang seakan-akan dia berada pada suatu pesta, seharusnya dia ikut hanyut atau memperlihatkan perasaan ikut hanyut dihadapan keluarga mayat”. (Lihat Taudhihul Ahkam 2/564).

6. Menghadap ke kuburan ketika memberi salam kepada penghuni kubur.

Hal ini diambil dari hadits-hadits yang lalu tentang cara memberi salam pada penghuni kubur.

7. Ketika mendo’akan penghuni kubur tidak menghadap kekuburan melainkan menghadap kiblat. Sebab Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam melarang ummatnya shalat menghadap kubur dan karena do’a adalah intinya ibadah, sebagaimana sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”.

Diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzy (4/178,223) dan Ibnu Majah (2/428-429).

HAL-HAL YANG DIHARAMKAN DALAM ZIARAH KUBUR.

Macam-macam Ziarah Kubur dan Hal-hal yang diharamkan dalam dalam Ziarah Kubur.

Hal ini telah disebutkan oleh Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman Al-Bassam dalam Kitab Taudhihul Ahkam (2/562-563), bahwa keadaan seorang yang berziarah ada empat jenis, yaitu :

1) Mendo’akan para penghuni kubur dengan cara memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala pengampunan dan rahmat bagi para penghuni kubur, dan memohonkan do’a khusus bagi yang dia ziarahi dan pengampunan. Mengambil pelajaran dari keadaan orang mati sehingga bisa menjadi peringatan dan nasehat baginya. Inilah bentuk ziarah yang syar’i.

2) Berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala bagi dirinya sendiri dan bagi orang-orang yang dicintainya dipekuburan atau di dekat sebuah kuburan tertentu dengan keyakinan bahwa berdo’a dipekuburan atau pada kuburan seseorang tertentu afdhal (lebih utama) dan lebih mustajab daripada berdo’a di mesjid. Dan ini adalah bid’ah munkarah, haram hukumnya.

3) Berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan mengambil perantara jah (kedudukan) penghuni kubur atau haknya. Seperti dia berkata : “Aku memohon pada-Mu wahai Rabbku berikanlah …(sesuatu)… dengan jah (kedudukan) penghuni kuburan ini atau dengan haknya terhadap-Mu, atau dengan kedudukannya disisi-Mu” ; atau yang semisalnya. Dan ini adalah bid’ah muharramah dan haram hukumnya, sebab perbuatan tersebut adalah sarana/jalan yang mengantar kepada kesyirikan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

4) Tidak berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala melainkan berdo’a kepada para penghuni kubur atau kepada penghuni kubur tertentu, seperti dia berkata : Wahai wali Allah, Wahai Nabi Allah, Wahai tuanku, cukupilah aku atau berilah aku…(sesuatu)…dan semisalnya. Dan ini adalah syirik Akbar (besar).

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu ta’ala dalam kitabnya Ar-Raddu ‘Alal Bakry hal.56-57, ketika menyebutkan tingkatan bid’ah yang berhubungan dengan ziarah kubur, kata beliau : “Bid’ahnya bertingkat-tingkat :

Tingkatan Pertama (yang paling jauh dari syari’at) : Dia (penziarah) meminta hajatnya pada mayat atau dia beristighotsah (meminta tolong ketika terjepit/susah) padanya sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan orang terhadap kebanyakan penghuni kubur. Dan ini adalah termasuk jenis peribadatan kepada berhala.

Tingkatan kedua : Dia (penziarah) meyakini bahwa berdo’a disisi kuburnya mustajab atau bahwa do’a tersebut afdhal (lebih baik) daripada berdo’a di mesjid-mesjid dan di rumah-rumah. Dan dia maksudkan ziarah kuburnya untuk hal itu (berdo’a di sisi kuburan), atau untuk shalat disisinya atau untuk tujuan meminta hajat-hajatnya padanya. Dan ini juga termasuk kemungkaran-kemungkaran yang baru berdasarkan kesepakatan imam-imam kaum muslimin. Dan ziarah tersebut haram. Dan saya tidak mengetahui adanya pertentangan pendapat dikalangan imam-imam agama ini tentang masalah ini.

Tingkatan ketiga : Dia (penziarah) meminta kepada penghuni kubur agar memintakan (hajat) baginya kepada Allah. Dan ini adalah bid’ah berdasarkan kesepakatan para imam-imam kaum muslimin.

Hal-hal yang diharamkan dalam ziarah kubur

(Bid’ah-bid’ah Ziarah Kubur)

1. Kesyirikan.

Syirik Akbar (besar) sering terjadi dan dilakukan oleh sebagian orang di kuburan. Batasan syirik besar (Asy-Syirkul Akbar) itu sendiri adalah jika seseorang memalingkan satu jenis atau satu bentuk dari jenis-jenis/bentuk-bentuk ibadah kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala. Segala i’tiqod (keyakinan), atau perkataan atau perbuatan yang telah tsabit (kuat) bahwa itu adalah diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, maka memalingkannya kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala adalah kesyirikan dan kekufuran. (Lihat : Al-Qaul As-Sadid Syarh kitab At-Tauhid karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’dy hal 48).

Syirik Akbar (besar) yang mungkin sering terjadi dikuburan adalah :

– menyembelih untuk penghuni kubur,

– menunaikan nadzar kepadanya,

– memberikan persembahan kepada penghuni kubur yang disertai dengan keyakinan dan perasaan cinta dan atau berharap dan atau takut terhadap penghuni kubur,

– bertawakkal kepadanya,

– berdo’a kepadanya,

– meminta pertolongan untuk mendapatkan kebaikan (Isti’anah) atau untuk lepas dari kesulitan (istighotsah) pada penghuni kubur,

– thawaf pada kuburan,

– dan ibadah lainnya yang ditujukan untuk penghuni kubur.

Semua hal tersebut di atas adalah syirik besar dan mengakibatkan batalnya seluruh amalan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman ; setelah menyebutkan tentang para nabi dan rasul-Nya :

ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan”.(Q.S. Al-An’am : 88).

Tidak ada seorangpun yang beramal seperti amalannya para nabi dan rasul, sebab merekalah orang-orang yang paling tahu tentang Allah dan paling taqwa kepada-Nya, tetapi Allah subhanahu wa ta’ala tetap menyatakan bahwa seandainya mereka berbuat kesyirikan maka akan sirna/lenyap semua apa yang mereka kerjakan. Seperti juga firman Allah subhanahu wa ta’ala yang lainnya :

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ


“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu : “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. Karena itu, maka hendaklah Allah saja yang kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur”. (Q.S. Az-Zumar : 65-66).

Dan ayat-ayat di atas menggambarkan tentang begitu berbahayanya syirik tersebut dan begitu sesatnya manusia jika terjatuh ke dalam kesyirikan tersebut. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala :

وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا


“Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”.

(Q.S. An-Nisa : 48)

dan firman Allah subhanahu wa ta’ala :


إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا


“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya”. (Q.S. An-Nisa : 116).

dan firman Allah subhanahu wa ta’ala :

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ


“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya : “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar””. (Q.S. Luqman : 13).

2. Duduk di atas kuburan, sebagaimana penjelasan yang lalu dalam tata cara ziarah kubur.

3. Shalat menghadap kuburan,

Point 2 dan 3 berdasarkan sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :


لاَ تُصَلُّوْا إِلَى الْقُبُوْرِ وَلاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا

“Janganlah kalian shalat menghadap kuburan dan jangan pula kalian duduk di atasnya”.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim 3/62 dari hadits Abi Martsad Al-Ghanawy.
4. Shalat dikuburan, meskipun tidak menghadap padanya, berdasarkan hadits Abu Sa’id Al-Khudry :

الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلاَّ الْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ


“Bumi ini semuanya adalah mesjid (tempat shalat) kecuali pekuburan dan kamar mandi”. Diriwayatkan oleh At-Tirmidzy no.317, Ibnu Majah 1/246 no.745, Ibnu Hibban 8/92 no.2321.
Dan hadits Anas bin Malik :

نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ عَنِ الصَّلاَةِ بَيْنَ الْقُبُوْرِ


“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam melarang dari shalat diantara kuburan”. Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban 4/596 no.1698.
Dan Hadits Ibnu ‘Umar :

اِجْعَلُوْا فِيْ بُيُوْتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوْهَا قُبُوْرًا


“Lakukanlah di rumah-rumah kalian sebagian dari shalat-shalat kalian dan janganlah menjadikannya sebagai kuburan”. H.R. Bukhary no.422.
Maksudnya bahwa kuburan tidaklah boleh dijadikan tempat shalat sebagaimana rumah yang dianjurkan untuk dilakukan sebagian shalat padanya (shalat-shalat sunnah bagi laki-laki).
Dan hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :

لاَ تَجْعَلُوْا بُيُوْتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِيْ تَقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ.


“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan, sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan padanya surah Al-Baqarah”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim no.780.

5. Menjadikan kuburan sebagai tempat peringatan, dikunjungi pada waktu-waktu tertentu dan pada musim-musim tertentu untuk beribadah disisinya atau untuk selainnya
.
Berdasarkan hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :

لاَ تَتَّخِذُوْا قَبْرِيْ عِيْدًا وَلاَ تَجْعَلُوْا بُيُوْتَكُمْ قُبُوْراً وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَصَلُّوْا عَلَيَّ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ تَبْلُغُنِيْ


“Janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat peringatan dan janganlah menjadikan rumah kalian sebagai kuburan dan dimanapun kalian berada bersholawatlah kepadaku sebab sholawat kalian akan sampai kepadaku”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad 2/367, Abu Daud no.2042. (Lihat : Kitab Ahkamul Jana`iz dan kitab Min Bida’il Qubur).

6. Melakukan perjalanan (bersafar) dengan maksud hanya untuk berziarah kubur
.
Berdasarkan hadits :
v Hadits Abu Hurairah dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ وَمَسْجِدِ الْأَقْصَى. أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيْ وَمُسْلِمٌ وَلَفْظُهُ ” إِنَّمَا يُسَافَرَ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْكَعْبَةِ وَمَسْجِدِيْ وَمَسْجِدِ إِيْلِيَاءَ.


“Tidaklah (boleh) dilakukan perjalanan (untuk ibadah) kecuali kepada tiga mesjid : Al-Masjidil Haram dan Masjid Ar-Rasul dan Masjid Al-Aqsho”. Dikeluarkan oleh Imam Bukhary dan Muslim dengan lafazh “safar itu hanyalah kepada tiga mesjid (yaitu) Masjid Al-Ka’bah dan Mesjidku dan Masjid Iliya`”.
v Hadits Abu Sa’id Al-Khudry dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam :

لاَ تُشَدُّ وَفِيْ لَفْظٍ : لاَ تَشُدًّوْا الرِّحَالَ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِيْ هَذَا وَمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الْأَقُصَى. أَخْرَجَهُ الشَّيْخَانِ وَاللَّفْظُ الْآخَرُ لِمُسْلِمٍ.


Artinya : “Tidaklah (boleh) dilakukan perjalanan -dan dalam sebuah riwayat : janganlah kalian melakukan perjalanan- (untuk ibadah) kecuali kepada tiga mesjid : Mesjidku (Mesjid Nabawy), Masjidil Haram dan Masjid Al-Aqsho”. Muttafaqun ‘alaihi.

7. Menyalakan lampu (pelita) pada kuburan.

Karena perbuatan tersebut adalah bid’ah yang tidak pernah dikenal oleh para salafus sholeh, dan hal itu merupakan pemborosan harta dan karena perbuatan tersebut menyerupai Majusi (para penyembah api). Lihat : Kitab Ahkamul Jana`iz hal. 294.

8. Membaca Al-Qur`an dikuburan.

Membaca Al-Qur`an dipekuburan adalah suatu bid’ah dan bukanlah petunjuk Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam. Bahkan petunjuk (sunnah) Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam adalah berziarah dan mendo’akan mereka, bukan membaca Al-Qur`an.

Dan hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :


لاَ تَجْعَلُوْا بُيُوْتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِيْ تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ.

“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan, sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan padanya surah Al-Baqarah”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 780.

Pada hadits ini terkandung pengertian bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam memerintahkan ummatnya agar membaca Al-Qur`an di rumah-rumah mereka (menjadikan rumah-rumah mereka sebagai salah satu tempat membaca Al-Qur`an), kemudian beliau menjelaskan hikmahnya, yaitu bahwa syaithan akan lari dari rumah-rumah mereka jika dibacakan surah Al-Baqarah.

Dan sebelumnya Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam telah melarang untuk menjadikan rumah-rumah mereka sebagai kuburan yang dihubungkan dengan hikmah (illat tersebut), maka mafhum (dipahami) dari hadits di atas adalah bahwa kuburan bukanlah tempat yang disyari’atkan untuk membaca Al-Qur`an, bahkan tidak boleh membaca Al-Qur`an padanya.

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah : “Para ulama telah menukil dari Imam Ahmad tentang makruhnya membaca Al-Qur`an dikuburan dan ini adalah pendapat jumhur As-Salaf dan para shahabatnya (Ahmad) yang terdahulu juga di atas pendapat ini, dan tidak ada seorangpun dari ‘ulama yang diperhitungkan mengatakan bahwa membaca Al-Qur`an dikuburan afdhal (lebih baik). Dan menyimpan mashohif (kitab-kitab Al-Qur`an) dikuburan adalah bid’ah meskipun untuk dibaca… dan membacakan Al-Qur`an bagi mayat adalah bid’ah”. Lihat Min Bida’il Qubur hal.59.

9. Mengeraskan suara di kuburan.

Berkata Qais bin Abbad : “Adalah shahabat-shahabat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam menyukai merendahkan suara dalam tiga perkara : dalam penerangan, ketika membaca Al-Qur`an dan ketika di dekat jenazah-jenazah. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no.11201. Lihat Min Bida’il Qubur hal.88.

Catatan:

Untuk no.10 dan seterusnya akan disebutkan saja bentuk bid’ahnya dengan menunjuk rujukannya kalau ada, adapun yang tidak disebutkan rujukannya maka ia masuk ke dalam umumnya perkara-perkara yang bid’ah karena tidak dicontohkan oleh Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam maupun para shahabatnya walaupun sebab untuk melakukannya ada. Hal ini dilakukan agar tulisan ini tidak menjadi terlalu panjang. Wallahul Musta’an.

10. Memasang payung
. Lihat Min Bida’il Qubur hal 93-94.
11. Menanaminya dengan pohon dan kembang.

12. Menyiraminya dengan air

13. Menaburkan kembang padanya.

14. Berziarah kubur setelah hari ke-3 dari kematian dan berziarah pada setiap akhir pekan kemudian pada hari ke-15, kemudian pada hari ke-40 dan sebagian orang hanya melakukannya pada hari ke-15 dan hari ke-40 saja. (Kitab Ahkamul Jana`iz).

15. Menziarahi kuburan kedua orang tua setiap hari jum’at (kitab Ahkamul Jana`iz).

16. Keyakinan sebagian orang yang menyatakan bahwa : mayat jika tidak diziarahi pada malam jum’at maka dia akan tinggal dengan hati yang hancur diantara mayat-mayat lainnya dan bahwa mayat itu dapat melihat orang-orang yang menziarahi begitu mereka keluar dari batas kota. (Al-Madkhal 3/277).

17. Mengkhususkan ziarah kubur pada hari ‘Asyura`. (Al-Madkhal 1/290).

18. Mengkhususkan ziarah pada malam nisfu sya’ban (Al-Madkhal 1/310, Talbis Iblis hal.429).

19. Bepergian ke pekuburan pada 2 hari raya ‘Ied (‘Iedhul Fithri dan ‘Iedhul Adha). (Ahkamul Jana`iz hal.325).

20. Bepergian kepekuburan pada bulan-bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan (Ahkamul Jana`iz hal.325).

21. Mengkhususkan berziarah kubur pada hari senin dan kamis (Kitab Ahkamul Jana`iz hal.325).

22. Berdiri dan diam sejenak dengan sangat khusyu’ di depan pintu pekuburan seakan-akan meminta izin untuk masuk, kemudian setelah itu baru masuk ke pekuburan (Ahkamul Jana`iz hal.325).

23. Berdiri di depan kubur sambil meletakkan kedua tangan seperti seorang yang sedang shalat, kemudian duduk disebelahnya (Ahkamul Jana`iz hal.325).

24. Melakukan tayammum untuk berziarah kubur (Kitab Ahkamul Jana`iz hal.325).

25. Membacakan surah Al-Fatihah untuk para mayit. (kitab Ahkamul Jana`iz 325).

26. Membaca do’a :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِحُرْمَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أَنْ لاَ تُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتَ


“Ya Allah aku meminta kepada-MU dengan (perantara) kehormatan Muhammad shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam agar Engkau tidak menyiksa mayat ini”. (Ahkamul Jana`iz hal.326).

27. Menamakan ziarah terhadap kuburan tertentu sebagai haji. (Ahkamul Jana`iz).

28. Mengirimkan salam kepada para Nabi melalui orang yang menziarahi kuburan mereka. (Lihat : Kitab Ahkamul Jana`iz hal.327).

29. Mengirimkan surat dan foto-foto kepada Nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam lewat orang yang berziarah ke Mesjid Nabawy. Dan hal ini sering terjadi/dialami.

30. Berziarah kekuburan pahlawan tak dikenal. (Ahkamul Jana`iz 327).

31. Perkataan bahwa do’a akan mustajab jika dilakukan di dekat orang-orang sholeh. (Ahkamul Jana`iz).

32. Memukul beduk, gendang dan menari disisi kuburan Al-Khalil Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dalam rangka pendekatan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala (Al-Madkhal 4/246).

33. Meletakkan mushaf dikuburan bagi orang-orang yang bermaksud membaca Al-Qur`an. (Al-Fatawa 1/174).

34. Melemparkan sapu tangan dan pakaian ke kuburan dengan tujuan tabarruk (mencari berkah). (Al-Madkhal 1/263).

35. Berlama-lamanya seorang wanita pada sebuah kuburan dan menggosok-gosokkan kemaluannya pada kuburan dengan tujuan supaya ia bisa hamil. (Ahkamul Jana`iz hal.330).

36. Mengusap-usap kuburan dan menciumnya. (Iqtidha` Ash-Shirathal Mustaqim karya Ibnu Taimiyah, Al-I’tishom karya Asy-Syathiby).

37. Menempelkan perut dan punggung atau sesuatu dari anggota badan pada tembok kuburan (Ziyaratul Qubur wal Istinjad bil Maqbur ; Ibnu Taimiyah hal.54).

38. Berziarah kekubur para nabi dan orang-orang sholeh dengan maksud untuk berdo’a disisi kuburan mereka dengan harapan terkabulnya do’a tersebut. (Ar-Raddu ‘Alal Bakry hal.27-57).

39. Keluar dari kuburan (pekuburan) yang diagungkan dengan cara berjalan mundur. (Al-Madkhal 4/238).

40. Berdiri yang lama dihadapan kuburan Nabi untuk mendo’akan dirinya sendiri sambil menghadap ke kuburan. (Ar-Raddu ‘alal Bakry / Ahkamul Jana`iz hal.335)
.
Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk amalan/perbuatan yang dilakukan ketika berziarah kubur yang menyelisihi cara berziarah yang syar’i yang mana semua bentuk-bentuk tersebut adalah bid’ah di dalam agama ini yang telah dinyatakan oleh nabi shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bahwa setiap bid’ah adalah sesat dan setiap yang sesat tempatnya di neraka. Na’udzu billahi minha. Wallahu Ta’ala A’lam Bishshowab.

Maroji’
1. Ahkamul Jana`iz Wa Bid’auha / Syaikh Al-Imam Muhammad Nashirudddin Al-Albany.

2. Al-I’tishom / Al-Imam Asy-Syathiby.

3. Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab / Al-Imam An-Nawawy.

4. Al-Mughny / Ibnu Qudamah.

5. Al-Muntaqo Min Fatawa Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan.

6. Ash-Shorimul Munky Fii Ar-Raddi ‘Ala As-Subky / Muhammad bin Abdul Hady.

7. Hasyiah Ar-Raudhoh Murbi’ Syarh Zadul Mustaqni’ / ‘Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim An-Najdy.

8. Iqtidho` Ash-Shirothol Mustaqim Fii Mukhalafatu Ashhabul Jahim / Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

9. Madkhal Asy-Syar’u Asy-Syarif / Al-Imam Muhammad bin Muhammad Al-Abdary Ibnul Hajj.

10. Majmu’ Al-Fatawa / Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

11. Manarus Sabil Fii Syarh Ad-Dalil / Syaikh Ibrahim bin Muhammad Duwaiyyan.

12. Min Bida’il Qubur / Hamad bin ‘Abdullah bin Ibrahim Al-Humaidy.

13. Nailul Author Min Ahaditsi Sayyidil Akhyar / Al-Imam Muhammad bin ‘Ali Asy-Syaukany.

14. Talbis Iblis / Ibnul Jauzy.

15. Talkhis Kitab Al-Istighotsah (Ar-Raddu ‘alal Bakry) / Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

16. Taudhihul Ahkam / ‘Abdullah Al-Bassam.

17. Zadul Ma’ad Fii Hadyi Khairil ‘Ibad / Ibnul Qoyyim Al-Jauzy.

18. Ziyaratul Qubur Wa Hukmul Istinjad bil Maqbur / Syaikh Islam Ibnu Taimiyah.



Jumaat, 4 Mac 2016

Fatwa Ulama Dan Habaib Hadhramaut Tentang Syiah Bukan Islam dan Sesat



Fatwa lengkap seputar syiah yang sudah kami terjemahkan secara lengkap dari para Habaib dan Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Hadhramaut Yaman Selatan.

فتاوى علماء حضرموت حول الشيعة

Fatwa Ulama Hadhramaut Seputar Syiah

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismillahirrahmanirrahim..

فتوى الحبيب سالم بن عبد الله الشاطري مدير رباط تريم حول الشيعة

معلوم أن من عقيدتهم )الشيعة( في الإمامة أنهم يضعون أئمتهم في درجة أعلى من رتبة النبوة والملائكة المقربين.ومن هنا، حينما رُفع إلى الحبيب سالم بن عبد الله الشاطري عقيدتهم في الإمامة من “أنهم جعلوا درجة أئمتهم فوق الأنبياء والمرسلين والملائكة المقربين”، وحين قرئ عنده قول الخميني في كتابه “الحكومة الإسلامية” ما نصه: » وإن من ضروريات مذهبنا: أن لأئمتنا مقامًا لم يبلغه ملك مقرب ولا نبي مرسل…« )الحكومة الإسلامية ص: 52(. قال الحبيب فورا: “كفر فوق كفر”…وعندنا معشر أهل السنة إذا كان أحد منا يعتقد مثلما اعتقدوا ، من أن الإمامة أرفع درجة من النبوة فقد كفر.هكذا فتوى الحبيب سالم بن عبد الله الشاطري في عقيدة الشيعة المكفِّرة للمسلم المخرِجة له من الدِّين. نسأل الله السلامة والعافية.—****—

FATWA Al HABIB SALIM BIN ABDULLAH AS SYATHIRI, MUDZIR RIBATH TARIM SEPUTAR SYIAH

Telah diketahui bahwa diantara Aqidah-aqidah syiah tentang Imamah, mereka meletakkan Para Imam-imam mereka sampai kepada tahap lebih tinggi kedudukan nya daripada Para Nabi dan para Malaikat Al-muqarrabin.

Dari sini, ketika hal ini diajukan kepada Al-habib Salim bin abdullah As-syathiri yaitu perihal Aqidah syiah, seputar Imamah yang mana telah menjadikan derajat para imam-imam mereka melebihi diatas kedudukan para Nabi dan Rasul serta para malaikat Al-muqorrabin.”

Manakala hal tersebut dibaca di sisi Beliau, perkataan Khumaini dalam Kitab nya ” Al-hukumah Al-islamiyah” [sesungguhnya merupakan keharusan Madzhab kami meyakini : “bahwa sesungguhnya imam-imam kami mempunyai kedudukan yang tidak bisa dicapai oleh para malaikat Al-muqarrib dan Tidak bisa dicapai Oleh Nabi yang diutus] ” Al-hukumah Al-islamiyah hal 52″.

Dengan segera Al-habib Salim Berkata : Ini adalah kekafiran diatas kekafiran.

Bagi Kami golongan Ahlu Sunnah jika ada salah satu diantara kami meyakini sebagaimana mereka [syiah] yakini , yaitu Imamah lebih tinggi kedudukan nya daripada kenabian maka dia telah benar-benar menjadi Kafir.

Begitulah Fatwa Al-habib Salim bin Abdullah As-syathiri tentang Aqidah Syiah, yang dapat membuat orang islam menjadi kafir dan dapat mengeluarkan dari Agamanya.

-Nas’alullah Assalamah wal afiah-

فتوى الحبيب زين بن ابراهيم بن سميط المدني حول الشيعة

يعتقد الشيعة ردَّة كلِّ الصحابة رضوان الله تعالى عنهم بعد وفاة رسول الله صلى الله عليه وسلم إلا النزر القليل.ذكر الكليني في كتابه المعروف “الكافي” عن جعفر عليه السلام: »كان الناسُ أهلَ ردَّة بعد النبيِّ صلى الله عليه وسلم الا ثلاثةً ، فقلتُ : ومن الثلاثةُ؟ فقال : المقدادُ بنُ الأسودِ، وأبو ذرٍّ الغفاريُّ، وسلمانُ الفارسي«.وأما القول في أبي بكر وعمر رضي الله عنهما فقد ذكر الكليني في كتابه الروضة من الكافي :» عن أبى جعفر أنه قال: وإن الشيخين )يعني أبا بكر وعمر( فارقا الدنيا ولم يتوبا ولم يتذكر ما صنعا بأمير المؤمين عليه السلام فعليهما لعنة الله والملائكة والناس أجمعين «.)كتاب الروضة من الكافي للكليني ج :8 ، ص : 246(ولذلك لم يقروا بخلافة أبي بكر وعمر وخلافة عثمان رضي الله عنهم.قال شيخ الشيعة وعالمها في زمنه محمد بن محمد النعمان الملقب بالمفيد في كتابه أوائل المقالات: »”إن لفظ التشيع يطلق على اتِّباع أميرالمؤمنين صلوات الله عليه، على سبيل الولاء والإعتقاد لإمامته بعد الرسول صلوات الله عليه وآله بلا فصل، ونفي الإمامة عمن تقدمه في مقام الخلافة”« )أوائل المقالات ص: 39.(.وبذلك، فالشيعي عندهم: هو من أنكر صحة خلافة الخلفاء الثلاثة الراشدين أبي بكر، وعمر، وعثمان رضي الله عنهم، ويؤمن بالنص على خلافة علي فقط دون غيره.ومن هذا، كان الحبيب زين بن إبراهيم بن سميطعندما يخطب في جاكرتا وفي كاليمانتان وفي غيرهما لايزال يذكر ويبيّن عقائد الشيعة المنحرفة المكفرة.وقال : من انكر خلافة الخلفاء الثلاثة أبي بكر، وعمر، وعثمان رضي الله عنهم وسبهم ولعنهم. فقد كفر وارتد، وإن مات على ذلك لم يصل عليه، ولم يعز أهله.هكذا فتوى الحبيب زين بن ابراهيم بن سميط في عقيدة الشيعة الباطلة الكفرية التي يخرج صاحبها من الإسلام. نعوذ بالله من الشرك وأهله.—****—

FATWA AL HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SUMAITH AL-MADANI SEPUTAR SYIAH

Syiah berkeyakinan Murtadnya Seluruh para Sahabat Ridhwanullahi anhum selepas kewafatan Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kecuali segelintir saja [yang tidak Murtad]. Hal tersebut dituturkan oleh Al-kulaini dalam kitab nya yang terkenal “Al-kaafi ” daripada Djakfar As-shadiq Alaihissalam . “Orang-orang menjadi Murtad setelah kewafatan Baginda Nabi shallallahu alaihi wa sallam kecuali tiga Orang. Aku bertanya ” siapakah yang tiga orang tersebut? Beliau menjawab ” Al-miqdad bin Aswad, Abu dzarrin Al-ghiffari, dan Salman Al-farisi.

Adapun perkataan nya terhadap Abu bakar dan Umar Radhiyallahu anhuma, telah disebutkan oleh Al-kulaini di dalam Kitab ” Ar-raudloh minal Kaafi ”

Dari Abi Djakfar beliau berkata. Sesungguhnya -Syaikhain- Abu Bakar dan Umar. Telah meninggalkan dunia dalam keadaan tidak bertaubat mereka berdua tidak Ingat apa yang telah mereka perbuat terhadap Amirul mu’minin [Ali bin abi Thalib] Alaihissalam. Maka Laknat Allah dan para Malaikat serta seluruh manusia kepada mereka berdua. Kitab Ar-raudloh minal Kaafi, Oleh Alkulaini Juz 8 halaman 246.

Oleh sebab yang demikian, maka mereka [syiah] tidak mengakuai atas kekhalifa’an Abu bakar, Umar dan tidak mengakui kekhalifa’an Ustman, Radhiyallahu anhum.

Berkata Syekh syiah dan orang yang dianggap paling Berilmu pada Zaman nya yaitu Muhammad bin Muhammad An-Nu’man yang dijuluki sebagai Al-mufid, dalam Kitab nya ” Awa’ilul Maqaalat.

“Sesungguhnya sebutan Tasyayyu’ itu disematkan kepada Para pengikut Amirul Mu’minin [Ali bin Abi Thalib] Shalawatullah alaihi, diatas jalan berwilayah dan beri’tiqad atas keimamahan nya setelah kewafatan Rasulullah Shalawatullahi alaihi Wa aalihi, secara langsung [Tanpa terpisah dari kekhalifaan yang lain].

Serta Menafikan [tidak mengakui] Imamah orang yang Mendahului Ali bin Abi Thalib dalam Kedudukan sebagai Khalifah. “Awa’ilul Maqaalat hal 39.

Dengan demikian maka Syiah bagi Mereka adalah orang yang mengingkari keabsahan Khalifah Khulafa’urrasyidin yang tiga. Yaitu Abu bakar, Umar dan Ustman. Radhiyallahu anhum, dan mengimani secara Nash kekhalifaan Ali bin Abi Thalib saja tidak dengan yang lain nya.

Dari sini maka Al-habib zein bin Ibrahim bin sumaith ketika beliau berkhutbah di jakarta dan juga di kalimantan dan juga di beberapa tempat yang lain, selalu menjelaskan Aqidah-aqidah syiah yang menyimpang dan menjadi kekufuran.

Beliau berkata. “Barangsiapa yang mengingkari kekhalifaan khalifah yang tiga, Abu bakar, Umar dan Ustman Radhiyallahu anhum, mencaci serta melaknati khalifah tersebut, maka dia telah benar-benar kafir dan Murtad, Jika dia mati dalam keadaan seperti itu maka janganlah sambung silaturrahim dengan nya dan jangan Takziahi Keluarganya.

Begitulah Fatwa Al-habib Zein bin Ibrahim Bin sumaith Perihal Aqidah Syiah yang Batil dan Kufur yang dapat mengelaurkan penganutnya dari Agama Islam.

Kami berlindung kepada Allah dari kemusyrikan dan dari penganutnya.

فتوى الحبيب عمر بن حامد الجيلاني المكي حول الشيعة

ومن فضائح الشيعة وشنائعهم قذف أم المؤمنين عائشة )رضى الله عنها( زوجة رسول الله -صلى الله عليه وسلم- بالفاحشة أي الزنا، واتهامها بقتل الرسول صلى الله عليه وسلم بالسم، بل قالوا: إن عائشة كافرة مرتدة.)انظر: حياة القلوب للعلامة باقر المجلسي(مع انّه قد برأها الله منها وأنزل القرآن في ذلكاي”في سورة النور”.وأن هذا الإعتقاد )قذفها( كيفما كان يُوجب تكذيب الله تعالى في إخباره عن براءتها عما يقول القاذف فيها، ومن كذّب الله فقد كفر بلاشك لأنه معاند للقرآن.ومن هذا، قال الحبيب عمر بن حامد الجيلاني: “من اعتقد أن السيدة عائشة رضي الله عنها زانية -والعياذ بالله- وهو يعلم ان الله قد برأها منها وأنزل القرآن في ذلك فهو معاند للقرآن، ومكذب الله تعالى في إخباره، ومن كذّب ما ثبت عن الله قطعاً -من كلامه تعالى- فقد كفربلا شك.هكذا فتوى الحبيب عمر بن حامد الجيلاني في الشيعة الذين يقذفون زوجة رسول ربِّ العالمين صلى الله عليه وسلَّم، أم المؤمنين السيدة عائشةرضي الله عنها بالزنا. نعوذ بالله من هذا الإفك والبهتان. —****—



FATWA AL-HABIB UMAR BIN HAMID AL-JAILANI AL-MAKKI SEPUTAR SYIAH

Diantara kebusukan dan keburukan Syiah adalah Menuduh Ummul Mu’minin Aisyah Radhiyallahu anha, Isteri Baginda Rasulullah Shallahu alaihi wasallam. Sebagai wanita Pezina. Dan Menuduhnya membunuh Baginda Rasulullah shallahu alaihi wa sallam dengan Racun.

Bahkan mereka [orang-orang Syiah] berkata Seaungguhnya Aisyah adalah wanita Kafir dan Murtad.

Lihat dalam Kitab Hayatul Qulub oleh Al-allamah Baqir Al-majlisi.

Padahal Allah telah membersihkan Sayyidah Aisyah dari Tuduhan-tuduhan tercela tersebut sehingga Allah menurutkan ayatnya didalam Al-qur’an pada surah Annur.

Sesungguhnya keyakinan seperti ini [menuduh Sayyidah Aisyah] bagaimanapun juga telah mendustakan Allah Ta’ala yang telah mengabarkan kebersihan dari apa yang telah di tuduhkan.

Dan Barangsiapa yang telah mendustakan Allah maka dia telah benar-benar Kafir tanpa diragaui, Karena dia telah menentang Al-qur’an.

Dari ini maka Berkata Al-habib Umar bin Hamid Al-jailani.

“Barangsiapa yang berkeyakinan Bahwa Sayyidiah Aisyah Radhiyallahu anha berzina -Wal iyadzu billah- sedangkan dia telah mengetahui bahwa Allah telah membersihkan nya dari tuduhan dan menurunkan ayat tentang itu, maka dia adalah Orang yang menentang Al-qur’an, Mendustakan Allah subhanahu wa ta’ala dalam menyampaikan khabar nya.

Barangsiapa yang mendustakan apa yang telah ditetapkan oleh Allah secara Pasti. Yaitu dari Firman-firman nya, maka dia benar-benar telah kafir tanpa diragui.

begitulah Fatwa Al-habib Umar bin Hamid Al-jailani tentang syiah yang mana mereka telah menuduh Isteri baginda Rasul Tuhan semesta shallallahu alaihi wa sallam Ummul Mukminin assayyidah Aisyah radhiyallahu anha dengan Zina.

Kami berlindung kepada Allah dari kedustaan dan kebohongan ini.

فتوى الحبيب عمر بن حفيظ حول الشيعة

بحمد لله تعالى، حصلت يوم السبت ليلة الأحد – من تاريخ 2 فبراير – سنة 2008 م في سورابايا في بيت الحبيب زين بن العيدروس الحامد )رئيس رابطة العلوية( جلسة بين الحبيب عمر بن محمد بن حفيظ وبين رابطة العلوية المركزية )التى مثلها الحبيب جندان بن نوفل بن جندان والحبيب حسين بن محمد الحامد( ومؤسسة البيّنات )التى مثلها الحبيب طاهر بن عبد الله الكاف والحبيب أحمد بن زين الكاف( والحبائب المقاومين لحركة الشيعة: مثل الحبيب حسين بن عقيل، الحبيب توفيق بن عبد القادر السقاف، و الحبيب حسن عبد الله السقاف، وغيرهم. وفيها خطب الداعي إلى الله الحبيب عمر بن محمد بن حفيظ حول منهج الدعوة، نصحا وإرشادا للدعاة والوعاظ من الحبائب. وأثناء ما القى التوصيات والإرشادات كان فضيلة الحبيب يطلب الإتفاقية والمعاهدة للحاضرين بما يلي:ينبغي للدعاة من الحبائب أهل السنة ان يكونوا متكاتفين، متساعدين على إعلاء كلمة الله، ونصر دينه وتحكيم شريعته، وان لا ينتقصوا أحداً من إخوانهم ولا يعتدوا عليهم ويظلمونهم.وانّ الشيعة فرقة ضالة مضلة. وإذا اعتقد أحد منهمبأن القرآن الكريم الذي بأيدينا الحالي محرف مغيرفيه فقد كفر والعياذ بالله.وهاتان النقطتان، طلبهما الحبيب عمر بن محمد بن حفيظ من الحاضرين للإتفاقية والمعاهدة في هذه الجلسة ثم يستمر في توجيهاته، ثم يجيب أسئلة الحاضرين.ونحن نصدر هذا الخبر لأن هناك اختلافا إخباريا فيحاصل جلسة تلك الليلة، وتزويرا وتشويها من رجال الشيعة تلك الواقعة، وقلبا للحقائق منهم في نتيجة جلسة الحبيب عمر بن محمد بن حفيظ بجاكرتا في بيت الحبيب زين سميط مع رجال الشيعة. عسى أن تكون هذه الإتفاقية مفهومة ومنهجا للدعاة والمصلحين.—****—

والله أعلم بالصواب

FATWA AL HABIB UMAR BIN HAFIDZ SEPUTAR SYIAH

Dengan memuji kepada Allah, telah diselenggarakan pada Hari sabtu malam ahad tertanggal 2 februari tahun 2008 M Di surabaya, di rumah Al-Habib Zein bin Al-aydarus Al-hamid, ketua Robithoh Al-alawiyah, Jalsah antara Al-habib Umar bin Muhammad bin Hafidz dan Rabithoh Al-alawiyah Pusat, yang diwakili oleh Al-habib Jindan bin Naufal bin Jindan dan Alhabib Husein bin Muhammad Al-hamid.

Dari pihak pendiri yayasan Al-bayyinat, di wakili oleh Al-Habib Thahir bin Abdullah Al-kaff serta Habib Ahmad bin Zein Al-kaff, dan Juga dihadiri oleh Para habaib yang lain perlawanan terhadap gerakan syiah, Seperti Al-habib husin bin Aqil, Al-habib Taufiq bin Abdul qadir As-segaff, Al-habib hasan bin Abdullah As-segaff dan lain sebagainya.

Didalam nya terdapat Khotbah Ad-da’i ilalllah Al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz seputar Metode dakwah, Memberikan nasehat, petunjuk dan bimbingan untuk para Da’i dan penceramah, dari kalangan habaib.

Di tengah-tengah beliau memberikan Tausiyah dan bimbingan maka Al-fadhilah Al-Habib meminta kesepakatan dan perjanjian kepada para Hadirin sebagai berikut.

Selayaknya bagi para Pendakwah dari kalangan habaib Ahlu sunnah wal jamaah untuk saling bahu membahu, saling bantu membantu diatas meninggikan kalimat-kalimat Allah, menolong agamanya dan Hukum Syariatnya.

Jangan mencela kepada siapapun daripada sauda-saudaranya, jangan memusuhi dan mendzaliminya.

Sesungguhnya Syiah itu adalah golongan yang sesat dan menyesatkan.

Jika ada salah satu dari mereka meyakini bahwa Al-quran yang ada di tangan kita sekarang ini telah ditahrif, dan dirubah. Maka dia telah Kafir. Wal iyadzu billah.

Atas khotbah teresebut Ada dua pokok yang dimintai oleh Al-habib Umar bin muhammad bin Hafidz dari para hadirin.

1. Kemufakatan, dan

2. Perjanjian.

Kemudian beliau melanjutkan nasehatnya, kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para hadirin.

Kami mengeluarkan berita ini karena ada kesimpangsiuran berita sehingga terjadilah pemalsuan dan distorsi dari orang-orang syiah atas kejadian tersebut. Sebagian dari mereka [Syiah] Membalikkan fakta hasil jalsah Alhabib Umar bin muhammad bin hafidz yang diselenggarakan di jakarta di rumah Al-habib zein bin sumaith bersama orang-orang syiah.

Semoga kemufakatan ini dapat difahami dan dapat di jadikan metode dakwah.

Wallahu Alam Bish Showab

(nugarislurus.com)