Ahad, 6 November 2016

Manfaat dan kandungan Biji Selasih



Manfaat dan kandungan Biji Selasih.

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.

Biji selasih sendiri berasal tanaman Basil Thailand, dan diperkenalkan oleh orang India. Basilikum atau Ocimum adalah golongan tanaman yang dimanfaatkan daun , bunga dan bijinya sebagai rempah-rempah sebagai penyegar (tonikum).

Kandungan Biji Selasih

Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Manfaat Biji Selasih

Dalam dunia kesehatan, biji selasih pun mempunyai banyak manfaat. Menurut Prof. hembing ahli tanaman, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan ( sedative ) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupunpanas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic ), peluruh keringat ( diaforetic ), menghilangkan rasa sakit ( analgetic ), peluruh kemih ( diuretic ), menurunkan demam ( antipirotic ), membersihkan racun dan meningkatkan sistem imun.


Berikut kami akan menjelaskan 10 manfaat dan cara pengobatan biji selasih bagi kesehatan :

1. Bisa mengobati sembelit serta perut kembung

Biji selasih mempunyai juga mempunyai dampak karminatif. Dampak ini yakni yang menolong mengobati sangat banyak masalah pencernaan yakni sebagaimana perut kembung, kram perut, berak tidak teratur dan sembelit. Serta untuk pengobatan radang lambung.

Cara pengobatannya :

Ambil 5gr biji selasih. Lalu, rebus bersama 200cc air, masukkan 1sdm madu. Minum airnya di ketika masih hangat. Mengkonsumsi di ketika pagi hari serta petang, semasing setengahnya.

2. Menyembuhkan batuk

Biji selasih mempunyai antispasmodik yang bermanfaat dalam menolong penyembuhkan batuk. Cara pengobatnnya cukup secangkir teh yang digabung dengan biji selasih.

3. Mengatasi masalah saluran pernapasan

Minuman jahe yang sudah digabung dengan biji selasih dan madu, ia dapat dipakai untuk obat alami dalam mengatasi masalah saluran pernapasan sebagaimana penyakit asma serta bronkitis.

Cara pengobatannya :

Dengan merebus ke-2 bahan itu bersama satu gelas air dalam sebagian menit. Selepas dingin, kita saring airnya. Lalu imbuhkan madu seperlunya.

4. Menyembuhkan sakit gigi

Cara pengobatannya :

Rebus 10 g biji selasih, 4 butir cengkeh dengan air seperlunya. Pada saat hangat minum air rebusan itu.

5. Menyembuhkan sakit kepala

Cara pengobatannya :

Rebus 5 g biji selasih, 15 g jahe serta 15 buah angco (dapat di beli di toko makanan cina) dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Saring serta minum airnya, serta makan biji selasih bersama angconya.

6. Mengatasi kerap gugup

Cara pengobatannya :

Seduh 5 g biji selasih dengan 200 cc air panas, lalu minum airnya sehari-hari. Sekali minum 2 sendok teh.

7. Mengobati luka serta infeksi kulit

Cara pengobatannya :

Minyak alami yang didapat dari ekstrak biji selasih bisa menolong mengobati infeksi kulit serta luka di badan.

8. Turunkan kandungan gula darah

Baginya Sutter Gould Medical Foundation, efektivitas biji selasih termasuk juga untuk menolong menormalkan kandungan gula darah pada pasien diabetes jenis 2. Di samping itu, selasih efisien dalam mengontrol nafsu makan. Cara pengobatannya : dengan mengkonsumsi biji selasih secara teratur.

9. Baik untuk diet sehat

Serat yang dikandung biji ini cukup tinggi, hingga menjadikan kenyang lebih lama. Kian lebih sebatas menahan lapar, namun juga menyehatkan usus lantaran melambatkan konversi pati jadi gula dan kurangi penyerapan racun oleh badan. Cara pengobatannya : dengan mengkonsumsi biji selasih.

10. Menghaluskan kulit wajah

Cara pengobatannya :

Haluskan sampai jadi bubuk biji selasih seperlunya, tambahkan air dingin seperlunya serta oleskan ke kulit muka diamkan sebagian ketika. lakukan 1 kali satu hari untuk hasil optimal.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan